Daftar Kesalahan Tanda Gagal Ngeblog Blogger Pemula

Bingung Ngeblog? Kesalahan-Kesalahan Apa Sih Yang Sering Dilakukan oleh Blogger Pemula? Mereka sering mengabaikan daftar kesalahan ngeblog ini. Walaupun sering diabaikan namun faktanya hal ini justru akan berdampak besar dan akan menghindarkan Anda dari pensiun dini menjadi seorang blogger. Cara menjadi blogger yang sukses bukan perkara mudah lo, ada banyak hal-hal yang setidaknya Anda harus pelajari dan pahami. Mulai dari kesalahan-kesalahan kecil hingga yang terbesar sekalipun.

Menjadi seorang blogger, berbicara tentang hobhy ataupun uang. Keduanya bisa dijadikan satu sebagai sarana untuk mengisi waktu luang. Semakin hari populasi blogger terus bertambah, namun hal itu juga sejalan dengan banyaknya blogger yang gagal dan akhirnya pensiun dini. Mengapa hal itu bisa terjadi? Untuk itu tulisan singkat ini akan sedikit mengulasnya.

Berikut Penyebab Blogger Pemula Banyak yang Menyerah Ditengah Jalan

Kesalahan Pertama, Kesalahan Memilih Niche Blog

Kita sadari bahwa menulis adalah kegiatan yang menguras tenaga juga pikiran jika tidak didasari dengan kesenangan, apalagi tulisan itu jauh dari kemampuan maka tentunya juga rasa tertekan yang malah akan menghampiri. Banyak blogger pemula salah jalan, mereka salah dalam memilih niche(topik blog) diawal.

Jika ini berlanjut, alih-alih dapat terus produktif malah pensiun dini yang didapat. Mengapa demikian? Mereka terlalu memaksakan untuk menulis dibidang yang tidak dikuasai, sehingga lama-lama akan bosan karena untuk membuat satu artikel akan dibutuhkan waktu yang ekstra. Jadi kesalahan pertama adalah terletak pada kesalahan pemilihan niche. Sehingga agar tidak terjadi hal seperti diatas, tentunya menulislah tentang hal-hal yang kalian senangi. Bidang atau hobi anda misalnya, tulislah tulisan Anda senyaman mungkin.

Kesalahan Kedua, Terlalu Sibuk dengan Desain Blog

Banyak blogger pemula akhirnya menyerah karena hal yang sepele namun faktanya sebab inilah yang paling banyak. Apakah itu? Banyak dari mereka "blogger" yang lebih mengutamakan tampilan blognya daripada konten. Padahal mereka lupa jika prinsip utama seorang blogger adalah "Content is King". Mereka seharian bisa membuka tutup tampilan blognya lebih dari 100 kali, karena hanya tampilan yang ada dikepala. Sedangkan konten mereka banyak yang berprinsip nanti dan nanti. Mau sampai kapan?

Tips Blogging : Jika Anda tergolong demikian, maka segeralah berusaha untuk menghentikan kebiasaan itu. Karena waktu Anda akan terbuang percuma, dan target Anda gajian pun akan semakin jauh.

Kesalahan Ketiga, Sering Menunda Menulis Artikel Asyik Nongkrong di Group Blogger

Kesalahan ketiga menurut pandangan saya. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu nongkrong di sosmed, scroll-scroll status tidak jelas ataupun setiap detik cek notif chat gebetan. Daripada melakukan hal tersebut lebih baik gunakan waktu untuk produktivitas membuat artikel. Begituan juga saya, semenjak saya keluar dari group blogger Indonesia, hati saya semakin tenang dan fikiran bisa lebih fokus untuk membuat artikel.

Kesalahan Keempat, Menunda-Nunda Pekerjaan Nanti dan Nanti

Banyak blogger yang menunda-nunda pekerjaan. Wajar sih malas adalah hal yang manusiawi, namun jika malas itu sudah overload apakah masih pantas disebut manusiawi? Untuk itu guna mengatasi masalah kemalasan ini memang akan sedikit sulit. Kuncinya harus ada tekad yang kuat agar masalah ini cepat terpecahkan. Anda bisa mencari sendiri artikel-artikel tentang bagaimana cara membuang kemalasan.

Kesalahan Kelima, Berpikir Bahwa Ngeblog itu Gampang

Banyak blogger pemula yang berpikir bahwa menjadi blogger adalah pekerjaan yang mudah. Apakah anda pernah berpikir demikian? Yang mereka lihat "tinggal ketik-ketik doang dan bisa bayaran setiap bulan". Apakah semudah itu? Kok enak ya. Well, jika anda pernah berpikir demikian Anda harus lebih jauh lagi untuk mendalami dunia perbloggingan.

Menjadi blogger bukan perkara mudah, banyak hal yang harus dikuasai. Dan setiap hari mereka harus dituntut membaca dan membaca agar kemampuan wawasan mereka bertambah. Belum lagi otak mereka juga harus diperas demi sebuah artikel yang berbobot dan bermanfaat. Okelah jika kalian bermain niche download. Namun saran saya tetaplah punyai blog yang berniche artikel sebagai sampingan(demi kecerdasan Anda hehe). So, satu lagi jangan sampai menyebarkan konten bajakan jika Anda bermain di niche download. Tahu sendiri kan alasanya?

Kesalahan Keenam, Sering Gonta-Ganti Template

Sebenarnya ini adalah lanjutan dari masalah kedua diatas. Karena dikepala mereka hanya tampilan dan tampilan. Mengedit template saya akui menyenangkan sih, namun jangan sampai juga keblabasan karena kesenangan itu jangan sampai melupakan pekerjaan utama Anda, yaitu membuat artikel yang berbobot dan bermanfaat.

Kesalahan Ketujuh, Kebiasaan Suka Copas Artikel Orang Lain

Banyak dari blogger yang baru terjun dalam dunia blogging masih memelihara kebiasaan plagiat. Copas sana sini yang penting blog berisi dan banyak. Mereka mengabaikan jika "Kualitas lebih penting daripada Kuantitas". Padahal dibalik kebiasaan copas sana-sini tersebut banyak bahaya yang mengancam kesehatan blognya nanti dibelakang. Dampak pertama visitor tidak akan datang, karena kalah dalam persaingan SEO dari segi duplicate content.

Intinya blog Anda akan diabaikan Search engine karena berisi materi plagiat. Dan dampak yang kedua malah lebih berbahaya, jika kalian ketahuan sama orang yang mempunyai artikel orinya, bisa-bisa blog Anda akan dilaporkan ke DMCA, hal ini akan berbahaya jika sampai blog Anda terkena Take Down. So mulai sekarang belajarlah menulis hasil karya sendiri, walaupun tidak terlalu bagus namun itu akan berkah. Namun belum tentu juga ya apa yang kita anggap tidak bagus, hal itu malah menjadi nilai plus dimata orang lain. Keep percaya sama kemampuan diri sendiri.

Kesalahan Kedelapan, Banyak Melakukan Kecurangan Lainnya, Blackhat

Selain yang utama penyakit blogger adalah tukang copas(pencuri artikel orang). Masih banyak lagi daftar kecurangan-kecurangan dalam aktivitas blogging lainnya. Seperti sering melakukan aktivitas klik cendol(tukar klik iklan), melakukan penghancuran terhadap blog-blog kompetitor, dan tindakan-tindakan lainnya yang tidak menaati etika blogging. So, jangan lakukan kegiatan-kegiatan tersebut, jika Anda pernah melakukan atau masih melakukan alangkah baiknya segera berhenti. Karena yakinlah suatu yang jahat akan mendatangkan akibat yang buruk. Selain tidak berkah juga akan merugikan orang lain. Okelah jika mau bersaing lakukan dengan cara-cara yang sehat dan beretika.

Itulah daftar kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula menurut kacamata pemikiran saya pribadi. Dari kedelapan topik tersebut, apakah ada yang pernah kalian lakukan atau alami? ataupun malah justru semuanya pernah menyerang Anda. Jika Anda tidak pernah satupun mengalami atau melakukan hal-hal diatas saya acungi jempol. Namun tetap ingat pepatah "Belajarlah dari kesalahan masa lalu". Ya benar pengalamanlah memang guru terbaik, namun jangan sekali-kali berprinsip tetap lakukan kesalahan untuk hari ini dan besok akan pergi bertobat. Itu adalah jalan pemikiran yang salah.

Back to Top ↑

Kesimpulan

Kunci kesuksesan menjadi blogger adalah rajin, tekun, dan ulet. Tetap percayalah jika tidak ada hasil yang menghianati usaha. Yakinlah apa yang kamu lakukan hari ini pasti akan ada titik timbal baliknya. Hindari kesalahan-kesalahan yang sering diabaikan blogger pemula diatas demi untuk menyukseskan misi ngeblog Anda. Tetap semangat, good luck & happy blogging.
Like this  Donasi: #Paypal
Open Comments