Kenapa Harus Belajar Menghargai Karya Orang Lain?

Kenapa harus menghargai hasil karya cipta orang lain? Pentingkah menghargai hasil karya orang lain? Istilah tentang plagiasi atau bajak-membajak sudah tidak asing ditelinga kita. Pada era modern ini menghargai karya orang lain begitu perlu diperhatikan dan ditingkatkan. Mengingat nenek moyang kita terkenal sekali dengan keramah tamahan dan sifat saling menghargai sesama. Apalagi sekarang semua sudah serba terdigitalisasi dengan rapi, sehingga kemudahan dalam aktivitas pembajakan juga akan berbanding lurus.

Melihat dari kacamata kehidupan, banyak sekali aktivitas pembajakan disekitar kita, mulai dari pembajakan perangkat lunak baik sofware, file lagu, buku, sampai source code dan masih banyak lagi. Namun jika ingin terlepas dari pembajakan bukan suatu hal yang mudah, apalagi jika sudah menyinggung karena faktor ekonomi dan kita sadari juga tinggal dinegara yang sedang berkembang. Namun usaha untuk menghindari pembajakan tetap harus diperjuangkan.

Disini etika yang berbicara, berkaryalah dengan bijak. Walaupun disini admin akui juga belum bisa terlepas dari sisi bajakan 100%. Namun terus mencoba dan mencoba apa salahnya?

Tulisan ini lebih terfokuskan untuk admin sendiri dan mungkin juga berguna bagi Anda, agar selalu memikirkan tentang pentingnya menghargai hasil karya orang lain. Boleh menggunakan hasil karya orang lain namun dalam batas wajar. Diwebsite ini juga admin mendapatkan gambar-gambar guna mempercantik artikel sebagian juga ambil dari google image, bagi Anda yang merasa mempunyai hak cipta atas gambar tersebut silahkan klaim dengan menghubungi admin lewat kontak. Dan admin juga meminta maaf atas hal tersebut. Namun masih banyak juga untuk mendapatkan gambar yang free licensi langganan admin, silahkan baca : situs-situs tempat download gambar gratis bebas hak cipta.

Alasan Tidak Boleh Membajak Hasil Karya Orang Lain?

Setiap orang tentunya ingin dihargai, itu sudah pasti. Misalnya saja betapa rumitnya dalam membuat sebuah gambar yang indah dan sempurna tanpa harus plagiasai. Ini diperlukan daya pimikiran dan usaha juga waktu yang tidak sedikit. Banyak sekali jenis-jenis pengeditan yang perlu dilalui.







"Bagaimana masih minat membajak karya orang lain atau sudah ada tekad untuk berhenti? Semua perlu dimulai dari diri sendiri dan dari hati."


Apalagi jika Anda adalah seorang blogger, dilatih untuk tidak instan dan harus selalu tetap beretika. Banyak blogger yang lupa etika, semoga itu bukan Anda. Sampai sampai melakukan AGC(auto generated content) dan hal lainnya. Etika seorang blogger dimana? dan yang lebih parah jika sampai menghilangkan credit link sebuah karya dan mengganti dengan credit punya mereka sendiri. Sudah terlalu kelewatan bukan? Mengakusisi karya orang tanpa pamitan!

Itulah sedikit renungan jika ingin dihargai, maka harus juga belajar menghargai. Walaupun itu sedikit berat dan sulit, namun harus tetap perlu dibiasakan. Berprinsiplah itu sudah menjadi sebuah hukum hubungan timbal-balik(sebab-akibat). Coba bayangkan jika kita mau berfikir bagaimana perasaan orang yang diplagiasi mungkin kita tidak akan tega melakukan plagiasi. Ataupun jika ingin sekali untuk merubah atau memodifikasi sebuah karya tersebut setidaknya izin dahulu karena disini etikalah yang berbicara.

Mari kita bersama-sama untuk belajar menghargai hasil karya orang lain. Selain dihati tenang, juga kita bisa mendukung pembuat karya tersebut untuk tetap maju dan berkembang. Bukanya itu saling menguntungkan?

Biasanya jika sebuah karya tersebut diciptakan bebas untuk digunakan dan dirasa bermanfaat, kita bisa melakukan donasi sekedar rasa ucapan terimakasih.

Back to Top ↑

Demikian artikel pentingnya menghargai hasil karya orang lain ini, walaupun singkat semoga tetap bermanfaat dan menjadi renungan. Terutama buat admin sendiri. Tetaplah berkarya dan semoga sukses selalu, good luck! Salam kreatifitas.
Like this  Donasi: #Paypal
Open Comments