Manfaat Membaca Buku Dari Segi Positif Kehidupan

Seberapa pentingkah membaca? - Kegiatan membaca merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang, namun di lain sisi juga ada sebagian orang yang sangat tidak suka dengan membaca, entah karena malas, atau hal lainnya. Padahal membaca buku dapat menimbulkan banyak manfaat efek positif bagi kehidupan individu.

Membaca dapat dilakukan oleh anak, remaja, dewasa sampai orang tua. Namun dibalik itu semua, ternyata banyak sekali manfaat membaca untuk sisi positif kehidupan Anda. Selain menambah wawasan khasanah keilmuan seseorang juga akan membuat kita menjadi individu lebih baik, lebih mampu menghadapi masalah dengan melihat dari berbagai sudut pandang, karena luasnya pengetahuan yang kita punyai.

Daftar Isi Artikel

Kenapa Harus Rajin Membaca ?

Bagi masyarakat Indonesia sendiri kebiasaan membaca masih perlu ditekankan lagi. Karena juga masih ada sebagian orang yang kurang beruntung dengan keadaan material misalnya kurangnya sumber bacaan, akses Internet belum memadai atau kekurangan-kekurangan lainnya.

Namun kita juga tetap harus mengapresiasi peran pemerintah yang terus berusaha mengentaskan masalah ini. Bagi kalian yang sudah beruntung, dimana sumber bacaan sudah lengkap, fasilitas juga memadai maka tidak ada alasan lagi kalian untuk tidak rajin membaca.

Apalagi dengan berkembangnya teknologi informasi yang membuat kita semakin mudah mengakses sumber-sumber bacaan dari internet atau juga bisa melalui buku-buku elektronik (entah itu format pdf, epub, doc atau lainnya) yang mana sudah banyak sekali yang digratiskan dan dapat kalian unduh dengan bebas dan mudah. Misalnya disitus ebookgratis.web.id, disini terkumpul buku-buku yang sengaja dibagikan gratis oleh pengarangnya.

Kalaupun harus membeli, tentu harga buku yang berbasis elektronik juga akan sedikit lebih miring atau murah dari pada buku yang sudah dicetak dipasaran. Lantas apakah masih membuat anda malas membaca?

Namun faktanya, walaupun dari segi fasilitas sudah banyak yang mendukung. Kenyataan dilapangan masih banyak yang lebih suka bermain game, scroll status galau teman ataupun kegiatan yang tidak bermanfaat lainnya. Walaupun tidak semuanya bersisi negatif.

Back to Top ↑

Manfaat Positif Membaca Bagi Kehidupan Seseorang?


Oleh karena itu coba kalian lihat apa saja manfaat dan efek membaca bagi kehidupan. Sebanyak dan sejauh apa?

1. Menambah Kamus Kosokata Perbendaharaan Kalian

Dengan rajin membaca pastinya juga akan menemukan kosokata baru atau istilah-istilah baru dari hari ke hari. Sehingga hal ini akan berefek positif juga pada saat berbicara dengan sesama, menyampaikan pendapat atau pun saat dituntut presentasi. Karena timbul rasa percaya diri untuk tidak kehabisan stok kata-kata. Juga berbicara kalian akan menjadi lancar, disinilah point terpentingnya.

2. Melatih Meningkatkan Kemampuan Menulis.

Bacaan adalah sebuah karya dari seseorang. Tentunya setiap tulisan juga memiliki gaya bahasa dan ciri khas tersendiri. Dengan banyak membaca tentunya kalian juga dapat memilah mana cara penulisan yang terbaik. Hal ini akan sangat berguna jika Anda berprofesi sebagai seorang blogger ataupun lainnya. Tidak dipungkiri kemampuan menulis menjadi banyak dibutuhkan dalam era globalisasi ini.

3. Menjaga Kemampuan Otak Tetap Baik

Otak merupakan kompenen terpenting bagi manusia. Dengan rajin membaca hal itu akan membuat otak kita tetap aktif, Sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan. Selain itu juga akan melatih kekuatan konsentrasi dan kualitas ingatan.

4. Mengurangi dan Mencegah Stres

Kalian sering turun mood, jenuh dengan kesibukan seharian yang melelahkan. Kadang membaca adalah penangkalnya. Dengan membaca akan membawa suasana batin kita menjadi lebih damai, jika kita sudah lelap dalam sumber bacaan. Maka masalah akan sedikit terlupakan dan stress pun lambat laun akan hilang.

5. Membentuk Karakter Cara Berfikir yang Bijak

Dengan membaca Akan membentuk karakter berfikir dan bijak tindakan apa yang harus dilakukan. Jika kita membaca biasanya kita akan membayangkan hal-hal yang sedang dibicarakan pada bacaan. Kita seakan-akan hadir dalam hal tersebut. Atau kalau tidak kita jadi tahu bagaimana cara mengatasi ending suatu masalah dengan cara yang baik dan benar, karena tetap selalu ingat nasihat belajarlah dari kesalahan yang sudah terjadi.

6. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Manfaat membaca yang terakhir yang pasti adalah kita akan menjadi kaya dengan hal hal baru, ilmu baru, pengetahuan baru. Otak kita akan menjadi sebuah perpustakaan berjalan yang mana memiliki segudang informasi yang mudah diakses. Kalian akan lebih bijak dalam bertindak dan berbicara, menjadikan anda lebih berwibawa. Juga dengan banyaknya informasi yang kita punyai lambat laun akan menciptakan munculnya ide-ide kreatif dari hasil olahan informasi diotak kita.

Dengan segudang manfaat yang dihasilkan dari membaca, Bagaimana masihkah Anda berfikir malas untuk rajin membaca?

Back to Top ↑

Rekomendasi Tips Membaca Yang Baik dan Benar?


Namun dalam membaca selalu perhatikan tips-tips berikut supaya aktivitas membaca kita tidak justru menimbulkan efek negatif. Apa saja tips-tipsnya?

Pertama, selalu perhatian cahaya dalam ruangan atau kondisi tempat membaca. Jangan sampai mata anda menjadi korban karena mata dipaksakan membaca pada area yang gelap.

Kedua, usahakan mencari tempat yang senyaman mungkin, sehingga akan membuat anda rileks dan otak mampu meresap informasi dari sumber bacaan.

Ketiga, jangan membaca sambil tidur, hal ini juga akan mengakibatkan efek negatif bagi kesehatan mata.

Keempat, selalu manfaatkan waktu luang. Karena seperti kata pepatah, manfaatkan waktu luangmu sebelum datang waktu sibukmu.

Tips Terakhir, pastikan sebelum membaca, wajib hukumnya untuk memikirkan apa tujuan kita membaca. Apa informasi yang mau kita dapatkan? Karena kalau kita membaca tidak ada tujuan sama saja seperti perjalanan seorang pengembara yang tidak tahu arah.

Back to Top ↑
Kesimpulan :
Dengan rajin membaca tentunya akan mengakibatkan banyak manfaat bagi sisi kehidupan seseorang, termasuk cara berfikir, cara bertindak, dan cara bersikap. Sehingga minat membaca seharusnya harus selalu ditanamkan sejak dini. Namun dalam membaca tetap harus memperhatikan tips-tips dalam membaca, hal ini bertujuan supaya kegiatan membaca kita tidak sia-sia atau bahkan justru berefek negatif bagi kita sendiri.
Like this  Donasi: #Paypal
Open Comments